Pengertian sejarah

pengertian sejarah

Kalau bicara tentang sejarah,pasti tak lepas dari masa lalu. Dengan mempelajari sejarah, akan didapat suatu gambaran tentang kehidupan masyarakat dimasa lampau. Peristiwa  yang terjadi  dimasa lampau dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat di masa yang akan datang.
Arti secara etimologis:
Kata sejarah itu sendiri berasal dari bahasa arab, yaitu syajaratun yang berarti pohon. Menurut bahasa arab, sejarah sama artinya dengan sebuah pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sangat sederhana ke tingkat yang lebih maju.
Dalam bahasa inggris, kata sejarah berarti History yaitu masa lampau umat manusia
Dalam bahasa jerman, kaa sejarah berarti Geschicts yaitu sesuatu yang telah terjadi
Dari pengertian diatas, disimpulkan bahwa sejarah merupakan sesuatu yang telah terjadi pada waktu lampau dalam kehidupan umat manusia.
Secara definitif:
1.Kamus besar bahasa indonesia menyebutkan bahwa sejarah mengandung 3 pengertian berikut:
                a.Silsilah, asal usul
                b.Kejadian yang benar benar terjadi pada masa lampau
                3.Uraian tentang peristiwa peristiwa yang benar benar terjadi dimasa lampau
2.Menurut Roeslan Abdulgoni, sejarah sebagai salah satu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemauan dimasa lampau, beserta segala kejadiannya untuk menilai secara kritis.
3.Menurut Moh.Yamin, S.H. sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.
4.Menurut Thomas Carlyle, sejarah merupakan peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang orang terkenal
5.Menurut Heredotus, sejarah tidak berkembang kearah depan dengan tujuan yang pasti melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.

6.Menurut Ibnu Khaldun, sejarah erupakan catatan tentang masyarakat umat manusia, tentang perubahan perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

COMMENTS

Name

Bahasa Indonesia bahasa jerman Bioetanol Biologi Kesenian Kimia Makalah Bioetanol PAI PKn PPT Biologi Sejarah
false
ltr
item
Pelajarnesia: Pengertian sejarah
Pengertian sejarah
pengertian sejarah
Pelajarnesia
http://pelajarnesia.blogspot.com/2014/04/pengertian-sejarah.html
http://pelajarnesia.blogspot.com/
http://pelajarnesia.blogspot.com/
http://pelajarnesia.blogspot.com/2014/04/pengertian-sejarah.html
true
7675014797231000175
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy